Pendakian Gunung Sumbing Via Garung

Jalur pendakian gunung Sumbing via Garung atau jalur lama, merupakan jalur paling favorit bagi para pendaki, akses menuju basecamp-pun tidak sulit ditemukan karena jarak basecam Cuma 1 kilo meter dari jalan utama Temanggung, wonosobo dengan trek yang menantang, dan pemandangannya yang  sangat menajubkan.

Perlu sobat ketahui kalau Gunung Sumbing adalah tipe gunung Volcano aktif dan tertinggi kedua di jawa tengah setelah gunung Slamet, Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 Mdpl.  Gunung Sumbing masuk wilayah 3 Kabupaten yaitu: 
Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung
Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo dan dikenal sebagai gunung kembar dengan gunung Sindoro, karena letaknya yang berdekatan, trek yang di tawarkanpun juga tidak jauh berbeda dengan gunung Sindoro. Untuk sampai ke puncak Gunung Sumbing ada 5 jalur pendakian, yaitu:

Via Cepit Parakan 

Via Bogowoso

Via Desa Garung

Via Kaliangkrik

Via Banaran

Larangan dan Pantangan Saat Mendaki Gunung Sumbing

Sebelum mendaki gunung Sumbing ada larangan dan pantangan yang harus sobat taati, aturan-aturan ini akan disampaikan oleh petugas basecamp saat sobat akan mendaftar mendaki gunung Sumbing. Pendaki Gunung Sindoro via basecamp lain juga menerapkan aturan yang sama, jadi  sobat harus mematuhi aturan yang berlaku. Aturan yang berlaku adalah:
  1. Dilarang membawa tisu basah kalau sampai ketahuan membawa sobat akan di Denda Rp 1.025.000
  2. Dilarang masuk tanpa izin, kalau sobat ketahuan tidak membeli tiket pendakian sobat kena denda dan membayar tiket pendakian dua kali harga tiket Rp 15.000) dan 10 bibit pohon
  3. Jangan membuang sampah sembarangan atau sobat akan di denda 5 bibit pohon
  4. Jangan sampai lupa membawa turun sampah, kalau sampai tidak membawa turun sampah, sobat kena denda 5 bibit pohon
  5. Jangan coba-coba membuat api unggun, sampai ketahuan membuat api unggun denda 5 bibit pohon
  6. Dilarang menebang pohon. Kalau sampai ketahuan menebang pohon sobat akan diserahkan kepada pihak berwajib dan denda 10 bibit pohon
  7. Dilarang membawa obat terlarang atau minuman keras, sampai ketahuan barang tersebut akan disita petugas basecamp.
  8. Dirang membawa senjata tajam kecuali pisau lipat, kalau sampai ketahuan akan disita petugas basecamp
  9. Dirang berbuat maksiat atau berzina, kalau sampai ketahuan akan diserahkan kepada pihak berwajib dan denda 10 bibit pohon
  10. Dilarang keras mencuri apapun kalau ketahuan akan diserahkan kepada pihak berwajib
  11. Dilarang jeras Kencing di dalam botol dan ditinggalkan begitu saja atau sobat akan di denda 5 bibit pohon
  12. Dilarang keras memetik bunga edelweiss aturan ini tidak hanya berlaku di gunung sumbing saja tapi semua gunung di Indonesia menerapkan aturan ini. Kalau sampai ketahuan sobat akan di denda 5 bibit pohon dan mengembalikan ke atas lagi
  13. Dilarang membawa dan menyalakan kembang api kalau sampai ketahuan kena denda 10 bibit pohon
  14. Dilarang keras merusak dan mencorat-coret papan petuk jalur, atau sobat akan di denda 5 bibit pohon
  15. Dilarang berkata kata kotor dan jaga sopan santun agar sobat tidak di sesatkan makhluk tak terlihat penunggu gunung Sumbing.
Aturan ini dibuat demi keselamatan para pendaki dan menjaga kelestarian alam Gunung Sindoro, saya harap sobat dan pendaki lain ikut mematuhi aturan yang telah dibuat pengelola gunung Sindoro.

Transportasi Menuju Gasecamp Garung Gunung Sumbing

Untuk sampai ke basecamp Garung, perjalanan sobat bisa di mulai dari terminal Giwangan Yogyakarta, dari Giwangan naik bus menuju Terminal Tidar Magelang, oper bus jurusan Wonosobo, sobat ngomong saja turun basecamp Desa Garung, nanti ada petujuk arah sebelah kiri jalan, setelah itu jalan kaki 1 kilo meter sampailah sobat di basecam Garung. Basecam Garung tempat singah para pendaki dan tukang ojek.

Jika perjalanan sobat di mulai dari Jakarta, sobat bisa naik Bus Sinar Jaya Menuju Terminal Wonosobo namanya Terminal Mendolo. Setelah sampai Terminal Mendolo sobat oper mini bus menuju basecamp Garung, seperti yang saya tulis di atas.
Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung

Nama-Nama Pos Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung

Sebelum pendakian dimualai pendaki wajib medaftarkan diri atau kelompok mengisi daftar hadir dan membawa air dari dari basecamp karena tidak ada sember mata air digunung ini, jangan lupa cek lagi barang bawaan siapa tau ada yang tertinggal fasilitas yang tersedia di basecamp warung makan, kamar mandi, dan parkiran.

Basecap – Pos 1 Malim Gunung Sumbing via Garung

Jalur dari basecamp ke pos awalnya aspal yang halus setelah itu berubah menjadi jalan makadam sedikit manajak dan panjang, kanan kiri jalan sepanjang jalan perkebunan warga dan tanaman tembakau  kalau ingin lebih cepat dan menghemat tenaga teman-teman bisa mengunakan jasa ojek yang tersedia dibasecamp sampai pos 1. Di pos 1 ada warung dan parkiran ojek. untuk sampai pos 1 dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Pos 1 – Pos 2 Genus Gunung Sumbing via Garung

Pos 1 Ke Pos 2 jalur berupa tanah padat dan sedikit menanjak hanya ada sedikit bonus disini, di sepanjang perjalanan banyak percabangan tapi tetap satu arah sampai pos 2. Di pos 2 tidak ada bangunan apapun tempatnya tidak terlalu luas jadi hanya cocok utuk melepas lelah saja. untuk sampai pos 2 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Pos 2 – Pos 3 Sedupak Roto Gunung Sumbing via Garung

Jalur dari pos 2 ke pos 3 tanjakan semakin tidak karuan dan sangat curam, tanjakan ini di sebut tanjakan engkol-enkolan tanjakan legendaris dikalangan penikmat lelah. pendaki di sarankan berhati-hati apalagi pas musim hujan jalurnya sangat licin sekali. Di pos 3 ini hanya muat untuk 3 sampai 4 tenda saja kalau tidak darurat para pendaki biasanya camp di  pos  (pestan) untuk sampai pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Pos 3 – Pestan Gunung Sumbing via Garung

Untuk sampai ke pestan hanya butuhkan waktu sekitar 30 menit. Pos 3 pestan sendiri berupa tanah datar yang cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda, biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda disini, tapi pendaki harus berhati-hati karena rawan badai dan kondisi lokasi tanpa pelindung papun seperti pepohonan atau batu besar.

Pestan – Pasar Watu Gunung Sumbing via Garung

Setelah Pestan menuju Pasar Watu jalur pendakian berubah drastis menjadi trek krikil, batu besar dan Jalur semakin menanjak. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk melewati trek ini, perlukan waktu sekitar 1 jam dari pestan menuju pasar watu. Di pasar watu ada sedikit tanah datar bisa untuk mendirikan 1 atau 2 tenda saja.

Pasar Watu – Watu Kotak Gunung Sumbing via Garung

Jalur pendakian masih sama dengan Pestan jalur krikil dan berbatu. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Watu Kotak. Biasanya para pendaki mendirikan camp di sini sebelum melanjutkan ke puncak dan summit attack. Namun perlu teman-teman ketahui bahwa untuk camp di watu kotak ini tempat sangat terbatas, jadi jangan sampai tidak kebagian tempat camp.

Watu Kotak – Puncak Gunung Sumbing via Garung

Dari Watu Kotak jalur pendakian masih sama didominasi bebatuan dan tanjakan tanpa ampun. Masih 1 jam lagi untuk sampai ke Puncak Buntu Gunung Sumbing. Sebelum Puncak Buntu pendaki akan menemui sebuah pertigaan kalau lurus menuju Puncak Buntu kalau belok ke kiri menuju Puncak Kawah.

Keindahan Puncak Gunung Sumbing

Nama puncak gunung Sumbing Adalah Puncak Rajawali, ada yang bilang punjak sejati. Panorama yang bisa sobat nikmati tentunya kawah gunung sumbing, lautan awan dan kalau cuaca sedang cerah terlihat jelas kegagahan kembaran gunung Sumbing yaitu gunung Sindoro.

Tidak hanya itu sobat bisa melihat dengan jelas jajaran gunung lainnya yang berada di Jateng seperti: Gunung Slamet, Gunung Prau, dan gunung yang paling terkenal dengan sebutan 2 M yaitu Merapi dan Merbabu. Bagai mana kalian penasaran ingin mencoba?  Akhir pekan besok kayaknya mantap untuk di coba.
Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Pendakian Gunung Sumbing Via Garung

NOTE: Baca dan terapkan semoga pendakian kalian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Sumbing termasuk gunung yang tidak ada sumber mata air, sumber mata air hanya ada di pos 1 itu kalau tidak kering, jadi untuk para pendaki diwajibkan membawa persediaan air dari basecamp dan melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri.

Patuhilah semua peraturan yang telah diberikan, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu. Kalau bisa Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.